Sejarah singkat Perkembangan komputer - Tegalwebside.com

Monday

Sejarah singkat Perkembangan komputer

Tegalwebside - Perlu kita tahu bahwa komputer yang ada sekarang merupakan hasil dari pengembangan para ahli dan ilmuwan dunia.
Komputer sendiri mempunyai sejarah dan perjalanan yang panjang hingga tercipta seperti yang kita lihat saat ini.
Nah, kali ini saya ingin memberikan informasi mengenai perkembangan komputer dari masa ke masa.

Sebagai Alat Hitung 

Tahun 1642 Blaise Pascal dari Prancis Menemukan kalkulator otomatis yang pertama. Kalkulator tersebut dapat melakukan penjumlahan dan  pengurangan dengan cara menggunakan roda gigi yang saling berhubungan.

sejarah singkat perkembangan komputer

Tahun 1670 metematikawan dari Jerman Gottfried Wilhelm Leibniz Mengembangkan kalkulator yang dibuat Pascal dengan menambahkan pengaturan roda gigi sehingga kalkulator dapat melakukan perhitungan perkalian dan pembagian, Selain itu Leibniz juga menambahkan sistem bilangan biner (Binary Numeration).
Sistem bilangan biner itu sendiri dikembangkan oleh George Boole, seorang matematikawan dari Inggris. Boole menggunakan sistem bilangan biner untuk menemukan tipe baru dari matematika yang saat ini dikenal sebagai Aljabar Boolen dan Logika Boolen.

Tahun 1820 Matematikawan dari Inggris, Charles Babbage mengembangkan sebuah ide komputer mekanik.
Tahun 1842, Babbage berhasil membuat komputer mekanik versi pertama yang sebut Difference Enginer, Versi terakhir dari komputer mekanik disebut mesin penganalisis (Analytical Engine).

Tahun 1988 statistikawan, wirausahawan Herman Hollerith menemukan sistem kartu berlubang (Pnched Card System).
Sementara itu, Pada Tahun 1831 Vannevar Bush, Ilmuwan, insinyur dan pendidik dari Amerika menemukan Differential Analyzer, yaitu sebuah alat yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persamaan metematika yang kompleks secara otomatis dan alat ini merupakan pelopor dari alat modern.

Tahun 1937 - 1939 John Vincent Atanasoff, fisikawana Amerika di Low State Collage di bantu asistenya Clifford Berry mencoba membuat komputer Listrik dengan menerapkan konsep Aljabar Boolen pada sirkuit listrik. Attanasoff dan Berry berhasil membuat komputer listrik pertama yang sebut Atannasoff - Berry Computer atau ABC.
Konsep Atannasoff digunakan oleh John W. Mauchly dan John Pesper Eckert  didalam pembuatan ENIAC (Electronic numerical integrator and computer).

 Komputer Generasi Pertama

Dibuat untuk melakukan Pekerjaan yang spesifik, sulit diprogram, kecepatan yang dibatasi, menggunakan tabung vakum dalam jumlah besar yang mengakibatkan ukuran komputer menjadi lebih besar, untuk menyimpan data - data mengunakan silinder magnetic dan membutuhkan daya besar.

Tahun 1941 Insinyur Jerman, Conrad Zuse membangun sebuah komputer Z3 yang digunakan untuk mendesain Pesawat terbang dan peluru kendali.
Kemudian Tahun 1943 Inggris berhasil menyelesaikan sebuah komputer dan yang digunakan untuk memecahkan kode - kode rahasia jerman yang disebut Colossus.


Tahun 1900 - 1973 di Amerika Howard Heiken seorang insiyur Havard bekerjasama dengan IBM berhasil mendesain Kalkulator elektronik yang gunakan oleh Angkatah Laut Amerika (US Navy) dan kalkulator tersebut disebut Havard Mark I.

Tahun 1940 John Von Neumann (1903 - 1957) matematikawan dari Amerika bekerjasama dengan tim dari Unversity Of Pennsylavia merancang sebuah komputer yang sebut Electronic Discreat Automatic Computer (EDVAC).
       Tahun 1951 Remington Rand mengembangkan UNIVAC I (Universal Automatic Computer I ) dan menjadi komputer komersil pertama yang menggunakan model astitekture Von Neumann.

Komputer Generasi Kedua

Tahun 1948 fisikawan Amerika Walter Houser, John Bardeen, dan William Bradford Shockley berhasil menemukan transistor, yaitu sebuah perangkat elektronik yang terbuat dari material semikonduktor. Transistor digunakan sebagai pengganti fungsi Tabung Vakum di Komputer. televisi dan radiio, sehingga ukuran komputer menjadi lebih kecil dan energi yang digunakan menjadi lebih hemat.
Tahun 1950 Intenational Business Machines (IBM) Corporation berhasil mengembangkan memori inti magnetic.


Komputer Pertama yang memanfaatkan teknologi transistor dan memori inti magnetic adalah Superkompt Stretch yang dibuat oleh IBM. Kemudian Sperry - randy membuat super computer LAR yang kemudian komputer itu digunakan di Laboratorium energi atom untuk menangani data - data penelitian .
Bahasa pemrograman yang digunakan antara lain 
  • COBOL (Business Oriented Language)
  • FORTRAN (Formula Translator)

Komputer Generasi Ketiga


Tahun 1985  Jack Kilby Insinyur elektro dari Amerika menemukan sirkuit terintegrasi (IC = Integrated Circuit). IC dibuat dengan cara mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon yang terbuat dari pasir kuarsa. dengan adanya alat tersebut maka ukuran komputer semakin kecil.

Komputer Generasi Keempat

Setelah ditemukannya Chip, Perkembangkan komputer semakin cepat, Ilmuwan kemudian berhasil menyusun Chip - Chip dalam sebuah sirkuit dan menghasilkan apa yang disebut Microprosesor.
Micoprosesor Pertama adalah Intel 4004 dibuat pada tahun 1971 dan masih digunakan pada perangkat kalkulator, Kemudian Pada Tahun 1972 tercipta Microproser yang digunakan pada perangkat  Komputer Intel 8008.

Selain perkembangan kecepatan Mikroprosesor, Perkembangan komputer generasi keempat juga ditandai dengan penggunaaan komuter untuk mengontrol peralatan - peralatan lain. Microprosesor kemudian ditambahkan pada peralatan Elektronik seperti AC, Kulkas, Mobil, dan lainnya.

Pengunaan Komputer juga tidak hanya untuk keperluan bisnis, masyarakat umum sudah menggunakan kompute untuk keperluan sehari - hari, baik untuk mengakses informasi maupun hiburan. Perangkat lunak pengolah kata dan angka pun populer digunakan.


Tahun 1981 IBM memperkanalkan penggunaan personal komputer untuk penggunaan dirumah, kantor, maupun sekolah.
Perkembangan teknologi jaringan komputer menyebabkan komputer - komputer yang ada kemudian dihubungan dalam jaringan - jaringan Lokal (LAN) dan jarinagn Internet.
Jaringan tersebut memungkinkan satu komputer berkomunikasi dengan komputer lain untuk saling bertukar informasi.
Contoh komputer generasi keempat yang beredar dipasaran adalah IBM Pc/486, pentium, pentium II, pentium III, pentum IV, AMD K6 dan AMD Athlon.

Nah itulah beberapa penjelasan singkat mengenai Sejarah perkembangan komputer yang mungkin saja belum kamu ketahui.
Jika informasi bermanfaat mohon untuk membagikan artikel ini ketemen - temen yang lain agar temen temen mendapatkan pengetahuan baru.

jangan lupa untuk #Like #Comment #Share
Salam Blogger!

Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.