Linus Benedict Torvalds : Sang Pencipta Linux - Tegalwebside.com
Recent Post

Friday

Linus Benedict Torvalds : Sang Pencipta Linux

Namanya Linus Benedict Torvalds, Pria Finlandia kelahiran 28 Desember 1969 ini adalah seorang rekayasawan perangkat lunak sekaligus pencipta Kernel Linux.
Linux sendiri terinspirasi oleh minix (Sistem operasi yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum) untuk mengembangkan suatu sistem operasi mirip - Unix (Unix like) yang dapat dijalankan pada suatu PC (Personal Komputer).

Ia tidak menduga Linux akan menjadi sistem operasi paling menjanjikan, yang bisa dibenamkan kedalam server, komputer desktop, tablet PC, PDA, Handphone, GPS, robot, mobil hingga pesawat luar angkasa buatan NASA.
Saat ini 20% Pangsa pasar desktop diseluruh dunia  menggunakan Linux jauh  diatas Mac OS dan terus mengejar OS Windows. Dan 12.7%  Server diseluruh dunia menggunakan Linux, jauh diatas UNIX, BSD, Solaris dan terus meningkat menggerus pangsa pasar  Server Microsoft.
Linus meninggalkan posisi menjanjikan di perusahaan semi konduktor Transmeta dan tinggal disebuah bukit di desa di daerah Portland, Oregon, Amerika Serikat. berdekatan dengan markas Open Source Development Labs. Organisasi ini diawaki oleh 20-an programmer yang punya gairah hampir sama dengan Linus.
Linus Benedict Torvalds
Mereka terus mengembangkan Kernel Linux yang kini berukuruan 290 MB atau melebihi 9 miliar baris kode. Linux beserta Timnya menerima masukan baris - baris kode dari seluruh penjuru dunia. LSD Sendiri disokong oleh puluhan raksasa IT seperti IBM, HP, Dell, dan Sun, baik dari sisi materi maupun sumber daya manusia.

Linus bukan orang pertama yang membagi - bagikan source code, karena pola ini adalah hal yang biasa pada awal tumbuhnya industri komputer. Tapi Linus sukses menetapkan standar yang memaksa banyak pengembang ikut membebaskan kode program mereka,  mulai dari BSD, Solaris, java hingga Adobe.

Dan meski digaji ratusan ribu dolar pertahun, Linus telah menciptakan banyak Multimilyuner dalam industri komputer, dari RedHat, Suse, Debian, Mandriva, Ubuntu, dan developer Software open source lainnya.
Menurut Linus, apa yang dilakukannya hanyalah berbagi. berbeda dengan Richard M Stallman yang fanatik dengan konsep Free Software. Linus hanya menekankan sisi keterbukaan (Open), tak peduli apakah kemudian dalam suatu sistem operasi bercampur program free dan proprietery.

Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Notification
If you like articles on this blog, please subscribe Now.
Done