Jaringan Komputer - Tegalwebside.com

Saturday

Jaringan Komputer

Tegalwebside - Jaringan Komputer adalah sekelompok otonom yang dihubungkan satu sama lain dengan menggunakan ptotokol komunikasi melalui media transmisi sehingga saling berbagi data, proses dan informasi, dapat menggunakan hardware dam software bersama sama serta menjadi komunikasi antar Negara.
Jadi Jaringan komputer dapat disimpulkan merupakan hubungan dua buah komputer atau lebih untuk memudahkan memperoleh informasi dan bertukar informasi antar komputer dalam satu jaringan.
Jaringan komputer TegalwebsideSesungguhnya komputer pada awalnya bersifat stand alone (berdiri sendiri) kemudian menjadi jaringan yang mendunia disebabkan oleh faktor kebutuhan. Misalnya di sekolah ada lima komputer dan satu printer yang masing masing tidak terhubung dalam jaringan, ketika akan mencetak sebuah naskah maka kita perlu menyimpan file ke flashdisk atau memori lainnya kemudian memasukannya kedalam komputer yang terhubung ke printer, Nah bisa kita bayangkan betapa repotnya kan.

Dengan melihat permasalahan tersebut, maka komputer komputer yang ada kemudia saling dihubungkan supaya kendala kendala yang tadi dapat diatasi dan pekerjaan pun menjadi lebih cepat dan efisien.

Jenis Jaringan komputer

  • Lokal Area Network (LAN)
LAN Merupakan jaringan antar komputer dalam satu area yang relatif lebih kecil. Umumnya dibatasi oleh area atau lingkunganya seperti perkantoran disebuah gedung, sekolah yang biasanya tidak jauh hanya beberapa kilometer menggunakan koneksi high - speed. Model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya dijadikan file server yang digunakan sebagai penyimpam perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan maupun perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer komputer yang terhubung dalam jaringan, Komputer yang terrhubung dalam jaringan disebut Workstation.

  • Metropolitan Area Network (MAN)
MAN pada dasarnya merupakan versi LAN, namun MAN mempunyai jangkauan area yang lebih luas dari LAN. Biasanya MAN digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang saling berdekatan dalam sebuah kota, MAN Menggunakan media saluran telepon atau gelombang radio untuk menghubungkan antara satu jaringan kecil dengan jaringan kecil lainnya. 

  • Wide Area Network (WAN)
WAN merupakan sistem jaringan komputer yang melibatkan banyak komputer dalam area yang lebih luas yang mencakup antar benua, oleh karena itu dengan meggunakan fasilitas WAN kita dapat mengakses informasi dari tempat yang berbeda dengan cepat.WAN dapat dikatakan gabungan dari banyak jaringan LAN yang terhubung melalui sarana komunikasi seperti telkom baik dengan kabel ataupun tanpa kabel dan melalui gelombang elektromagnetik. 

  • Internet (Interconnection Networking)
Merupakan gabungan seluruh jaringan komputer global (dunia) yang saling terhubung menggunakan standar Sistem global Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket yang melayani miliaran pengguna diseluruh dunia.
Berdasarkan fungsi terbagi menjadi jaringan Client - Server dan Peer to Peer


  • Klien - Server (Client - Server)
Dalam model klien server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian terpisah , tetapi masih merupakan kesatuan yakni komponen klien dan komponen server. Komponen klien sering disebut sebagai front - end, sementara komponen server sering disebut back - end, komponen klien dari aplikasi tersebut di jalankan dalam sebuah workstation dan menerima masukan data dari pengguna. 

  • Peer to Peer
Suatu sistem yang tidak hanya menghubungkan 'ujung' satu dengan lainnya, namun ujung - ujung ini saling berhubungan secara dinamis dan berpartisipasi dalam mengarahkan lalu lintas komunikasi informasi, pemrosesan dan penugasan pembagian bandwith yang intensif, dimana bila sistem ini tidak ada, tugas - tugas ini biasanya diemban oleh server pusat.
Sekian dari saya mengenai penjelasan singkat dari jaringan komputer, bila ada kekurangan mohon untuk dilengkapi melalu kolom komentar dibawah ini. 

Jangan Lupa untuk #Like #Comment #Share
Salam Blogger! :)

Reference by id.wikipedia.org dengan tambahan penulis
SafelinkU | Shorten your link and earn money

Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.