Apa itu Internet - Tegalwebside.com
Recent Post

Saturday

Apa itu Internet

Tegalwebside - Apa itu internet? Internet (Interconnection Networking) adalah seluruh jaringan global komputer dunia yang saling terhubung menggunakan Standar sistem global Transmission control protocol / Internet protocol (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket yang melayani miliaran pengguna diseluruh dunia.

Secara teknis internet merupakan hubungan dua komputer atau lebih yang membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer yang ada didunia yang saling berinteraksi dan bertukar informasi. Sebuah komputer yang terhubung dengan internet berarti terhubung dengan semua komputer didunia yang juga terhubung ke internet.

tegalwebside apa itu internetSetiap orang yang menggunakan komputer yang terhubung dengan internet dapat mengakses semua informasi yang tersedia di internet secara gratis maupun berbayar. Pengguna internet mempunyai hak dan kebebasan yang sama dengan pengguna lain.

Sedangkan dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat informasi atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio, video, maupun animasi dalam bentuk media elektronik. Orang dapat berkunjung ke perpustakaan tersebut setiap saat melalui tempat dimana saja yang terhubung ke internet. Semua sumber pengetahuan yang ada diseluruh dunia dapat dicari di internet dalam waktu sekejap dan singkat. Oleh karena itu internet sering dikatakan dengan sebutan dunia maya.

Ditinjau dari segi komunikasi, internet merupakan sarana yang sangat efisien dan efektif untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun dalam lingkungan perkantoran. Melalui internet, setiap orang dapat berkomunikasi secara langsung (live) dengan waktu yang cepat dan biaya yang relatif murah bila dibandingan dengan media lainya. Internet telah membuat dua orang dari belahan bumi yang berbeda dapat berkomunikasi tanpa dibatasi oleh batas negara, jarak dan hukum yang berlaku dalam suatu negara.

Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya.
Protokol - Protokol internet yang sering diigunakan adalah seperti IP, TCP, UDP, DNS, PPP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP dan SSL

Layanan internet memperlihaatkan perkembangan yang sangat pesat, karena menawarkan beberapa daya tarik atau keunggulan dibandingan dengan media lain.
Keunggulan tersebut antara lain:

  • Komunikasi Murah
  • Sumber informasi besar
  • Tantangan baru untuk berusaha
  • Keterbukaan 'Tanpa sensor'
  • Jangkaun yang tidak terbatas
Internet juga semakin banyak digunakan ditempat umum, beberapa tempat umum yang menyediakan layanan internet termasuk perpustakaan, kafe, taman kota, dan warnet (Warung internet).
Selain itu terdapat juga toko - toko yang menyediakan akses Wifi , pengguna hanya perlu membawa Laptop atau Smartphone yang mempunyai fitur wifi untuk dapat mengakses internet.

Jangan Lupa untuk #Like #Comment #Share
Salam Blogger! :)

Reference by id.wikipedia.org dengan tambahan penulis

Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Notification
If you like articles on this blog, please subscribe Now.
Done