Penyebab file data pada smartphone android corrupt - Tegalwebside.com

Sunday

Penyebab file data pada smartphone android corrupt

Tegalwebside - Pernah kamu mengalami hal semacam ini? ketika kita sedang membuka file  data penting dan tiba - tiba muncul pop up 'This file is coorupt and cannot be opened'.  Permasalahan yang satu ini Penyebabnya adalah penulisan data yang tidak sempurna, rusaknya file, atau bahkan terkena malware.
Malware pada PC yang biasanya spesifik menyerang isi hardisk, memungkinkan eksternal memory smartphone yang sering dicabut pasang untuk memindahkan data ke atau dari PC juga terkena imbasnya, sehingga sering kali file didalamnya diubah atau disembunyikan dalam banyak layer folder dan dibuat read only.

Walau tidak selengkap aplikasi pada PC untuk memperbaiki file-file yang corrupt atau hilang, beberapa aplikasi di Play Store Android dapat dicoba. Misalnya menggunakan aplikasi media re-scan yang bisa diunduh di Play StoreBeberapa aplikasi lain mengkhususkan diri untuk memperbaik file-file corrupt yang lebih spesifik, misalnya file lagu atau video.

Untuk mencegah file yang sering corrupt, ada baiknya kita mempertimbangkan beberapa hal, di antaranya menggunakan memory card yang berkualitas. Jika akan melepas memory card, pastikan kita tidak melepasnya secara langsung, tetapi melakukan eject dulu pada menu setting/storage. 

Jika sering memindahkan file smartphone dari dan ke PC, sebaiknya PC sudah dipastikan bebas malware. Untuk file-file yang dianggap penting, rajin-rajin membuat backup, tidak perlu ke PC, bisa dilakukan dengan menempatkannya di cloud, misalnya di Google Drive atau Dropbox. Backup file ini bisa diset secara otomatis tanpa perlu melakukannya berulang-ulang secara manual. 

Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.