Settingan Visopt Sketchup untuk Interior - Tegalwebside.com -->

Rabu

Settingan Visopt Sketchup untuk Interior

Masih membahas seputar sketchup interior, nah kali ini saya ingin memberikan salah satu setingan Vray Option (Visopt) interior yang saya gunakan pada gambar modeling diatas. Dalam Visopt ini, saya menggunakan setingan dasar yang tidak akan membuat komputer/laptop anda menjadi berat.

  • Global Switches: Pada pengaturan ini, silakan setting pada menu Lighting Option kemudian ceklis fitur hidden lights. Fungsinya untuk mematikan cahaya yang bersumber dari pengaturan sistem.
  • Image Sampler: Parameter ini berfungsi agar hasil gambar lebih bening/tajam. Semakin tinggi nilainya, semakin bening gambar rendernya namun hal ini akan membuat proses render berjalan lebih lama.
  • Displacement: Pada parameter ini silakan setting menu Max Subdivs. Menu ini berfungsi untuk mengurangi noise pada material dengan tambahan file bump dan displacement.
  • Environment: Untuk parameter ini silakan gunakan settingan default.
  • Camera: Pada menu kamera ada 4 menu yang dapat kita setting yaitu Cameraphysical, Shutter Speed, F Number dan Film Speed (ISO). Masing masing menu tersebut memiliki fungsi yang antara lain: Shutter speed untuk membuat ruangan menjadi terang atau gelap dengan ketentuan Semakin kecil nilainya, maka ruangan akan semakin terang. F-Number 8,0 Semakin kecil nilai'nya, maka ruangan akan semakin terang, berlaku dan sebaliknya. dan Film speed (ISO): Semakin kecil nilai'nya maka ruangan akan semakin gelap, berlaku  sebaliknya.
  • Output: Parameter ini digunakan untuk mengatur resolusi/ukuran gambar render.
  • Light Cache berfungsi untuk mengurangi noise di sekitar area cahaya yang mungkin akan muncul saat gambar di render
  • Color Mapping: Kita bisa menggunakan Type Exponential

Nah sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu bagi kamu yang ingin belajar settingan dasar vray sketchup. Jika kamu ada pertanyaan silakan tanyakan melalui kolom komentar. Terimakasih.

Share with your friends

Donate

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.