Cara Setting Bump pada Lantai di Vray Sketchup - Tegalwebside.com

Wednesday

Cara Setting Bump pada Lantai di Vray Sketchup

Cara Setting Bump pada Lantai di Vray Sketchup

Apa itu bump Vray Sketchup?  Bump adalah parameter yang digunakan untuk memberikan efek timbul / kasar pada material. Material yang menggunakan bump pada hasil akhir render akan tampak lebih nyata. File bump berupa gambar material berwarna yang dirubah menjadi hitam putih. Untuk membuat file bump, kita dapat menggunakan photoshop.

Kekurangan jika menggunakan file bump adalah proses render akan menjadi lama. Dampak ini akan sangat terasa jika kita menggunakan komputer/laptop dengan spesifikasi medium.

Untuk mengantisipasi hal ini, lebih baik jangan menambahkan file bump kedalam semua material. Cukup tambahkan file bump kedalam material yang memang butuh disempurnakan seperti lantai, dinding, dan kayu agar hasil rendering semakin realistis.

Berikut cara mensetting material bump pada lantai kayu di vray sketchup. Pada tutorial kali ini saya menggunakan Sketchup 2016 dan Vray 2.0.

1. Langkah pertama silakan buka dan jalankan program Sketchupnya terlebih dahulu, setelah itu buatlah objek 3d sederhana lalu beri material tekstur pada objek tersebut.

2. Langkah selanjutnya masuk ke pengaturan vray material editor, kemudian cari material teksture tadi lalu pada tab Maps centang parameter bump setelah itu klik M.
Cara Setting Bump pada Lantai di Vray Sketchup

3. Setelah klik M maka akan muncul tab baru. Ubah paramater dari None ke TexBitmap lalu upload file bump nya. Terakhir render gambar kamu untuk melihat hasilnya.
Cara Setting Bump pada Lantai di Vray Sketchup

Demikian cara setting bump pada lantai di vray Sketchup. Apabila ada pertanyaan silakan tanyakan saja melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.