Settingan Emisive Light pada Vray Sketchup - Tegalwebside.com

Sunday

Settingan Emisive Light pada Vray Sketchup

Tegalwebside.com - Settingan Emisive Light pada Vray Sketchup. Pencahayaan merupakan salah satu faktor yang menentukan hasil gambar visual dari render di Vray Sketchup, karena tanpa adanya pencahayaan yang tepat maka akan sulit menghasilkan gambar render yang sempurna. Dalam Vray Sketcup itu sendiri ada berbagai mode pencahayaan yang dapat kalian gunakan mulai dari Omni LightEmisive LightRectangle Light sampe IES Light kesemua itu dapat kalian gunakan tergantung dari kebutuhan projek gambar.

Baca Juga: Pengaturan Vray Lighting dengan Tool Rectangle Light

Secara garis besar Emisive Light adalah lapisan material khusus yang memungkinkan suatu objek benda menjadi sumber cahaya. contohnya pada gambar dibawah ini.
Cara Settingan Emisive Light pada Vray Sketchup
Emissive light
Pada contoh gambar diatas kita bisa lihat bahwa sebuah objek tongkat bisa menjadi sumber cahaya alternatif yang bisa dipakai menggantikan sumber cahaya dari luar. Selain pada tongkat, settingan Emissive Light ini juga bisa digunakan pada lampu LED.
Saya akan menunjukan kepada kalian, cara mengakses material ini dan disini saya juga  tidak menggunakan settingan kamera dan settingan cahaya luar saya matikan yang artinya sumber cahaya yang dihasilkan benar benar dari objek gambar tersebut.


Baca Juga: Cara Setting Pencahayaan Kamera VRay Sketchup

Settingan Emisive Light pada Vray Sketchup

  • Buka aplikasi Sketchup vray pada komputer atau laptop kalian.
  • Kemudian buatlah objek tiga  tongkat  seperti pada gambar diatas dengan menggunakan menu Circle.
  • Selanjutnya beri masing masing objek tersebut dengan material warna yang berbeda dengan menggunakan tool Paint Bucket atau tekan B pada keyboard.
  • Kemudian kalian klik di menu Bring up the V-Ray for Sketchup Material Editor atau logo  M pada Toolbar maka akan muncul popup seperti pada gambar dibawah ini.
Material Editor
  • Selanjutnya klik Kanan pada material Lampu neon 2Creat LayerEmissive
  • Setelah itu ubah nilai Intensity menjadi 100 agar cahaya yang dihasilkan lebih terang dan jangan lupa centang kotak Double Sided
    cara Settingan Emisive Light pada Vray Sketchup
    Material Editor

    • Selanjutnya klik Previe untuk melihat hasilnya. Apabila kalian ingin mengganti warna cahayanya maka cukup dengan klik pada kotak Color kemudian pilih warna sesuai selera kalian.
    • Terakhir tinggal Render untuk melihat hasil keseluruhan gambar kalian. Jika cahaya yang dihasilkan kurang terang maka kamu bisa menambah nilainya di kolom Intensity

    Penutup

    Cara ini cukup sederhana dan mudah dipelajari bagi kalian yang baru mengenal VRay Sketchup. Namun, salah satu kekurangan emisive light ini adalah biasanya akan muncul noise di sekitar sumber cahaya yang bisa merusak kualitas gambar tapi itu bisa kamu atasi dengan menambahkan nilai Subdivs di menu Option Editors.

    Share with your friends

    Related Posts

    Give us your opinion

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.