Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Minta Format - Tegalwebside.com

Saturday

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Minta Format

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Minta Format

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal  Minta Format. Pernahkah kamu mengalami masalah seperti ini? Ketika hardisk eksternal kamu di colokan ke USB port komputer/laptop malah minta format. Untuk orang awam mungkin lebih memilih mem-format ketimbang harus pusing cara mengatasinya, dan alhasil data penting kita hilang, meskipun ada banyak program yang bisa di gunakan untuk mengembalikan/recovery data yang terformat tapi tidak 100% kembali.

Penyebab hardisk eksternal minta format adalah kita tidak men-reject saat akan melepaskanya dari port USB.

Nah, untuk kamu yang udah terlanjur terkena masalah ini, tidak usah bingung dan jangan keburu memformat hardisk eksternal kamu, apa salahnya mencoba langkah -langkah mengatasinya dibawah ini.

1. Silakan colokan hardisk eksternal kamu ke USB port laptop/komputer seperti biasa, jika keluar kotak pesan perintah format maka abaikan saja. Ketahuilah lokasi drive hardisk eksternal kamu, biasanya pada drive E, F, G, dan  H, hal ini tergantung pada jumlah partisi pada komputer kamu dan biasanya drive media eksternal akan terdapat diakhir.

2. Setelah itu Buka kotak dialog RUN dengan cara klik Start ketikan Run atau tekan Ctrl + R pada keyboard, lalu kamu ketikan perintah chkdsk /f H: (H: adalah lokasi drive hardisk eksternal).
Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Minta Format

3. Selanjutnya kamu tekan enter pada keyboard dan tunggu beberapa saat hingga selesai. Proses ini tergantung besar atau kecilnya kapasitas hardisk eksternal kamu, jika besar maka prosesnya akan lama
Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Minta Format

Perlu Kamu ketahui tentang kode perintah yang telah kita ketikkan pada kotak dialog Run tadi. Perintah chkdsk adalah berfungsi untuk mengecek seluruh data dalam hardisk eksternal serta memverifikasinya. Kemudian perintah /f adalah berfungsi untuk melakukan pengecekan dan juga memperbaikinya setiap kesalahan yang ditemukan pada hardisk eksternal. Sedangkan perintah H: adalah lokasi drive hardisk eksternal di komputer yang digunakan.

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.