Cara Mengubah Satuan Ukur Sketchup - Tegalwebside.com

Sunday

Cara Mengubah Satuan Ukur Sketchup

Cara Mengubah Satuan Ukur Sketchup

Mengubah satuan ukur atau dimensi merupakan salah satu langkah awal yang musti kita perhatikan sebelum memulai menggambar di Sketchup. Hal ini dilakukan agar nantinya satuan ukur gambar tersebut tidak berubah apabila dibuka diprogram lain.

SketchUp sendiri sebenarnya selalu menampilkan template default setiap kali program tersebut digunakan. Namun pilihan template default yang ditampilkan tidak mempunyai satuan ukur yang sesuai dengan kebutuhan projek gambar pengguna, contohnya tidak ada unit untuk satuan cm dan mm, alhasil pengguna harus merubahnya sendiri.

Sejauh ini program Sketchup memiliki cukup lengkap satuan ukur yang bisa diganti dan disesuaikan mengikuti satuan ukur yang berlaku ditempat pengguna berada. Untuk di indonesia sendiri satuan ukur yang sering digunakan untuk desain arsitektur interior maupun exterior adalah Meter, Centimeter, dan Milimeter.

Agar tidak bingung, silakan ikuti panduan cara mengganti satuan ukur di Sketchup berikut ini. Pada tutorial ini saya akan mengganti satuan ukur dari default (Architectural) Ke satuan desimal seperti meter (m), centimeter (cm), milimeter (mm), feet dan inchi.

1. Langkah pertama sudah pasti buka terlebih dahulu program Sketchup-nya, selanjutnya klik tab Window lalu pilih menu Model Info.
Cara Mengubah Satuan Ukur/Dimensi di Sketchup

2. Setelah itu akan terbuka jendela baru, untuk mengganti satuan ukurnya silakan kamu klik menu Units, lalu pada tab format kamu ganti dari Architectural ke Decimal dan otomatis pilihan unit meter, centimeter, ataupun milimeter akan muncul.
Cara Mengubah Satuan Ukur/Dimensi di Sketchup

Penutup
Satuan ukur ini hanya berlaku pada gambar/model yang sedang dibuat saja. Jika kamu menggambar pada lembar baru maka satuan ukur akan kembali ke settingan default lagi. Demikian tutorial cara mengganti satuan ukur di Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat. Terimakasih

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.